Proposal Pengajuan Sarana Perpustakaan

1. Latar Belakang
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993). Di samping itu dalam penjelasan Undang-undang Pendidikan Nasional kita, di sebutkan bahwa salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut.

Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih kurang profesional.

Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala sekolah sebagai stake holder di sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM Perpustakaan?.

Perpustakaan sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan, sudah selayaknya mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah, dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai, bahkan tempat bermain saat tidak ada KBM. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak mendidik.

Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Perpustakaan SD Negeri 4 Lumbir berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi secara optimal.

2. Visi Misi Perpustakaan SD Negeri 4 Lumbir
2.1 Visi

“Terwujudnya Masyarakat Membaca dan Belajar Menuju Masyarakat Madani yang Sadar Informasi”

2.2 Misi
1. Mengembangkan perpustakaan sebagai pusat informasi IPTEK;
2. Meninkatkan jangkauan layanan perpustakaan secara merata kepada segenap lapisan masyarakat.
3. Meningkatkan budaya gemar membaca.

3. Dasar Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan;
4. Surat Keputusan Kepala SD Negeri 4 Lumbir Nomor 058 Tahun 2016 tentang pengangkatan kepala Perpustakaan SD Negeri 4 Lumbir tahun 2016/2017.

4. Tujuan
4.1 Tujuan Umum
Menjadi perpustakaan sekolah berbasis ICT terdepan di Desa Lumbir Kecamatan Lumbir serta pusat IPTEK dan sumber belajar warga sekolah guna mendukung kegitan belajar mengajar di sekolah dan merealisasikan visi misi serta suksesnya program SKM.

4.2 Tujuan Khusus
a. Mengembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan, dalam berbagai sector kehidupan;
b. Mengembangkan kemampuan mencari dan mengolah serta memanfaatkan informasi;
c. Mendidik siswa agar memelihara dan memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna;
d. Meletakkan dasar ke arah proses pembelajaran mandiri;
e. Memupuk dan mengembangkan minat dan bakan siswa;
f. Menumbukan penghargaan siswa terhadap pengalaman imajinatif;
g. Mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri;

4.3 Tujuan Strategik
a. Melaksanakan layanan perpustakaan berbasis ICT;
b. Merintis E-Library untuk wider accesing informasi & IPTEK;
c. Mewujudkan qualitas dan quanitas buku bacaan dan referensi;
d. Melayani semua warga sekolah dengan layanan prima;
e. Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel;

5. Fungsi Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SD Negeri 4 Lumbir, perpustakaan sekolah berfungsi:
1. Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;
2. Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SD Negeri 4 Lumbir
3. Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
4. Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
5. Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.

6. Sasaran Perpustakaan Sekolah
1. Para siswa SD Negeri 4 Lumbir
2. Kepala sekolah dan guru SD Negeri 4 Lumbir
3. Tenaga Kependidikan SD Negeri 4 Lumbir

7. Program Kerja Perpustakaan Sekolah
Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam p rogram kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

8. Sumber Dana
Adapun sumber daya untuk menunjang menunjang baca siswa pada SD Negeri 4 Lumbir dan untuk mengoptimalkan sarana yang ada, maka dana diperoleh dari:
a. Rencana Anggaran Pembelanjaan Sekolah (BOS);
b. Infaq dari para wali murid;
c. Infaq dari Siswa baru;

9. Struktur Pengelola Perpustakaan
1. Penanggung jawab : Sungkowo, S. Pd.
2. Kepala Perpustakaan : Teguh Yuwono, S. Pd. SD
3. Pustakawan : Indahwati, A. Ma. Pus.
4. Bagian Teknis : Imron Ashari
5. Bagian Layanan/Sirkulasi : Gunawati, S. Pd. SD.

10. Permohonan Bantuan
Hingga saat ini koleksi buku yang kami miliki masih jauh dari harapan. Buku-buku tersebut berasal dari donatur yang mendapat informasi dari mulut ke mulut maupun dari koleksi pribadi. Namun saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah, diantaranya masalah keuangan pengadaan rak-rak buku serta kurangnya bahan koleksi buku.

Melalui proposal ini kami mohon bantuan dana atau koleksi buku, majalah, komik edukatif, CD pembelajaran, atau yang lain lain yang sifatnya mendidik bagi peserta didik. Adapun koleksi buku yang kami perlukan, baik buku baru maupun bekas yang masih layak baca antara lain :
1. Buku referensi sekolah dan pendukung pendidikan
2. Buku dongeng dan cerita bergambar
3. Buku pengetahuan umum
4. Dan buku-buku atau bacaan yang bermanfaat lainnya.

Adapun perlengkapan dan sarana pendukung yang kami butuhkan antara lain :
1. Rak buku
2. Meja
3. Kursi
4. Seperangkat computer/laptop

11. Penutup
Program kerja perpustakaan ini merupakan acuan, pedoman dan rencana untuk 1 tahun. Program kerja ini diharapkan dapat menjadi titik awal kemajuan perpustakaan SD Negeri 4 Lumbir. Peran serta semua pihak sangat berpengaruh pada realisasi program ini. Karenanya, diharpkan semua pihak dapat terlibat baik secara langsung maupun tidak lagsung dalam rangka merealisasikan berbagai program yang telah dibuat.